King Salman Dalam Ketahanan Pangan Penanaman Hidroponik Lewat Jual Beli Antar Warga

King Salman Dalam Ketahanan Pangan Penanaman Hidroponik Lewat Jual Beli Antar Warga

Penulis :
Salman,Umi khilmiyati & Hanny fatmaya
Ketua MDMC Sru Selatan Jepara.

Pdpm Jepara.org – Pemanfaatan ilmu bertani sayur dengan sistem hidroponik dalam membantu pengembangan pertumbuhan ekonomi dan UMKM keluarga.

Dengan kondisi masyarakat saat ini yang mana semakin susah dan sulit dalam mencari pekerjaan serta memanfaatkan kekosongan atau tidak ada kegiatan,serta memanfaatkan lahan kosong di lingkungan rumah.

Kebetulan kami memiliki adik yang sedang mmbuat skripsi tentang bagaimana penggunaan nutrisi dalam sistem hidroponik ini, kebetulan tanaman yang diujikan berupa sayur selada. Ketertarikan saya dan istri untuk mncoba bertani sayur dengan sistem hidroponik ini, arahan-arahan dari adik secara jelas coba kami terapkan, Alhamdulillah dalam masa uji coba itu kami berhasil.

Sejak uji coba yang kami lakukan itu ada hasil yang memuaskan kami sepakat untuk melanjutkan bertani sayur dengan sistem hidroponik ini, selama perjalanan kami bertani ada beberapa kendala yang sepertinya akan melemahkan semangat kami tapi dengan keyakinan kami tetap lanjutkan.

Setelah beberapa bulan berjala ternyata ada teman yang memberitahu kalau bertani dengan sistem hidroponik bisa saling berbagi dengan teman-teman yang jgy bertani hidroponik, jadi semakin bertambah ilmu kami.

Dengan semakin berkembangnya usaha hidroponik kami ini semoga masyarakat akan semakin sehat. kami bisa memberikan solusi yang mungkin sedikit banyak membantu pertumbuhan ekonomi serta bisa memanfaatkan lahan- lahan kosong dirumah.

Apabila ada yang berminat mengunjungi rumah kami. Rumah kami berada di desa Bakalan RT 12 RW 02 Kalinyamatan Jepara.
Posisi sebelah kiri jalan raya dari arah Jepara.

Rabu 9/5/2020 kami menerima tamu dari JSM (jaringan saudagar muhammadiyah jepara) pak Tresno dan Amin Makruf untuk membeli sayur.Jual beli antar warga muhammadiyah sudah terjalin sekitar 2 tahun ini. Dengan adanya wabah corona ini keberadaan JSM semakin nyata karena transaksi lewat perkumpulan grup WA, barang dikirim/diambil sendiri oleh pembeli.

Demikian yang bisa saya sampaikan sekelumit kegiatan bertani dengan sistem hidroponik, maaf bila belumm bisa mmberikan kepuasan dalam penulisan ini.

Wassalamu’alaikum wr wb

Kalinyamatan,10 mei 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *