Mengenal Riwayat Singkat Sesepuh Muhammadiyah Keling

Mengenal Riwayat Singkat Sesepuh Muhammadiyah Keling

-Pimpinan Cabang Muhammadiyah Keling dibidang Pendidikan.

pdpmjepara.org – Kamis 16/7/2020 M,24 Dzulqo’idah 1441 H relawan Aisyiyah Kusnitah usai jamaah Dluhur di Masjid An Nuur Kelet berbincang-bincang dengan Djumarwi sesepuh Muhammadiyah yang duduk di serambi halaman Gedung SMK muhammadiyah 01 Keling.

Beliau saat ini sudah berusia 81 tahun,tinggal di desa Kelet RT 30/05 Keling- Jeara,masih gesit dan besar tanggung jawab dalam ketenaga kependidikan sebagai Ketua Tata Usaha( KTU) di SMK Muhammadiyah 01 Keling sejak tahun 1990 saat itu bernama Sekolah Menengah Ekonomi tinggkat Atas(SMEA).

Djumarwi yang biasa dengan panggilan akrab mbah Djum ini kelahiran Colo Kudus 29 Desember 1939.Riwayat singkat usai Sekolah Rakyat (SR) lanjut di Sekolah Guru 4 tahun (SGB ).Begitu lulus SGB sebagai ikatan dinas mbah Djum di tugaskan di kelet dengan tujuan memberikan dan mengabdi di pemerintahan dengan uang pesangon tiap bulan Rp.143.000 sejak tahun 1960. Saat itulah kenal dan mengikuti pengajian pertama kali dengan Muhammadiyah di rumah Shofi’i almarhum.

Selama 3 tahun tinggal di kelet dengan hidup ngekos
di rumah mbah Mu almarhum. Saat itu sempat melihat sosok wanita cantik yang menjadi idamannya Sulastri yang menjadi pendamping sampai saat ini.

Pesan singkat ketika sebelum usai wawancara mbah Djum menyampaikan dengan tarik nafas terengah- engah, ” kita masih diberikan kesempatan dalam berorganisasi, dulu ketika PCM Sukri almrhum selalu memberikan kesempatan warga untuk segera membuat kartu anggota Muhammadiyah,tapi sekarang berbeda,” tuturnya”.
” Kita sebagai guru dari anak-anak di sekolah,jangan pernah meminta balasan tetapi kita berbuat tanpa pamrih” imbuhnya.

Kontributor- Kusnitah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *